begitu indah..

Kemampuan seorang guru dalam menggunakan kegiatan khusus di dalam kelas (misalnya membentuk kelompok kerja, praktik menghitung secara mental/tanpa alat hitung, pengajaran langsung atau metode lainnya) merupakan hal yang penting, tetapi keyakinan yang meliputi pemahaman terhadap kematangan dan kesiapan siswa dalam proses belajar juga memiliki kedudukan strategis. Psikologi pembelajaran akan membantu guru dalam mengungkap potensi yang dimiliki siswa dengan tidak melupakan hakikat siswa sebagai manusia yang memiliki jati diri yang berhak diakui eksistensinya dan berbeda satu dengan lainnya

Pembelajaran sebagai proses yang dilalui siswa, tidak dapat dipisahkan dengan perkembangannya. Seorang guru yang professional, tidak akan memandang proses belajar pada siswa tanpa memandang perkembangannya. Dengan memperhatikan perkembangan siswa, maka proses belajar akan terjadi sesuai dengan kesiapannya.

Kata Kunci : Psikologi Pembelajaran, Kualitas Lingkungan Belajar Matematika

Untuk dapat merencanakan bagaimana mengajarkan matematika secara efektif, dibutuhkan beberapa pemahaman tentang bagaimana para siswa mempelajari matematika. Psikologi pembelajaran merupakan satu di antara banyak faktor utama yang perlu dikuasai guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Karena keyakinan dan penguasaan seorang guru terhadap makna dan tujuan di balik pembelajaran di kelas dipandang lebih penting dari pada bentuk kegiatan itu sendiri.

Kemampuan seorang guru dalam menggunakan kegiatan khusus di dalam kelas (misalnya membentuk kelompok kerja, praktik menghitung secara mental/tanpa alat hitung, pengajaran langsung atau metode lainnya) merupakan hal yang penting, tetapi keyakinan yang meliputi pemahaman terhadap kematangan dan kesiapan siswa dalam proses belajar juga memiliki kedudukan strategis.

Psikologi pembelajaran akan membantu guru dalam mengungkap potensi yang dimiliki siswa dengan tidak melupakan hakikat siswa sebagai manusia yang memiliki jati diri yang berhak diakui eksistensinya dan berbeda satu dengan lainnya. Dengan kata lain psikologi pembelajaran yang menopang proses pembelajaran di kelas adalah unsur utama yang menjamin kualitas lingkungan belajar matematika karena psikologi akan menyadarkan bahwa perkembangan yang dilalui oleh setiap individu itu tidak sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s